Tren dalam “Bridal Fashion Week 2018”

Sekarang kamu sudah bisa memanggil bridal fashion week dengan nama NYFW: Bridal  loh!, dan tentu berbeda dari NYFW: The Shows yang menyuguhkan tipe ready-to-wear yang biasanya di gelar pada awal bulan september. NYFW: Bridal akan mempunyai konsep dan eksekusi acara yang lebih santai ( mungkin karena terdapat champagne dan banyak kue ? ) dan koleksi yang dipamerkan nanti bukan lah seperti koleksi biasanya, karena kebanyakan memamerkan piece yang berwarna putih, atau gaun yang di desain spesial sesuai kebutuhan yang hanya akan dipakai ketika hari pernikahan.

Karena demikian, percampuran antara dua dunia yang berbeda satu sama lainya, yaitu ready-to-wear dan Bridal. Mempertimbangkan trend off-the-shoulder, yang dimulai di Paris pada tahun 2014 dan sekarang sudah mendominasi pasar. Untuk Fall 2018, pakaian bermodel bustiers dan celana perempuan akan sangat mendominasi.

Monique Lhuillier Photo: Courtesy of Monique Lhuillier

Memakai Celana

Kalau kamu bukan tipe cewek yang menyukai gaun atau dress, kenapa kamu harus memakainya untuk pernikahan? Ada banyak jumpsuits dan celana perempuan di musim ini daripada sebelumnya, darim mulai Monique Lhullier sampai Viktor & Rolf. Karya mereka bisa membuat gaun pernikahan biasa menjadi sangat membosankan; dan yang paling menarik adalah jika kamu memakai celana sebagai seorang bride, kamu tidak perlu mengganti pakaian untuk berdansa.

MarchesaPhoto: Courtesy of Marchesa

The City Hall Wedding

Walau pun mereka tidak benar - benar menikah di balai kota, banyak mempelai yang mencari dress yang tidak terlalu formal dan ribet ( seperti pesta di halaman belakang, pantai, atau kebun… ). Marchesa’s Georgina Chapman dan Keren Kraig berbicara tentang kebutuhan klien mereka akan dress yang lebih dari sekedar upacara pernikahanya saja; atau dress yang bisa juga cocok dengan makan siang dan makan malam. Viktor & Rolf dan Lela Rose mempunyai koleksi yang lebih nakal jika kamu mau.

Vera Wang Photo: Courtesy of Vera Wang

Kembalinya “Bustiers”

Ini akan terlihat lebih segar dan feminim untuk menjadi ready-to-wear seperti yang ditunjukan oleh Alexander McQueen dan Erdem. Dan ternyata para desainer Bridal juga memiliki pikiran yang sama: Vera Wang mempunyai bustier yang dideskontruksi dengan sabuk galter, Inbal Dror mempunyai gaun bustier yang nyaman ditambah sedikit asesoris kristal dan dasi kecil.

 Reem AcraPhoto: Courtesy of Reem Acra

Reem AcraPhoto: Courtesy of Reem Acra

Lengan Panjang

Selama bertahun - tahun, kita telah dibikin kaget dengan gaun pernikahan yang hanya memiliki beberapa helai, renda dan hampir membuat bagian pribadi terlihat. Memang pamer itu bukan kejahatan, tetapi apakah akan bijak jika nenek kamu juga ikut menonton? Mungkin itu bisa menjelaskan gaun lengan panjang musim ini, seperti gaun sederhana berwarna ivory yang di Pameran Reem Acra. Ini tentang bagaimana menjauhi kesan telanjang tetapi juga tidak terlalu memberikan kesan ibu - ibu. Gaun Lengan panjang yang di desain Carolina Herrera memiliki sulaman bunga yang sangat anggun di bagian hem, dan Lela Rose mempunyai ciri khas dikhiasi mutiara.

Naeem Khan Photo: Getty Images

Tambahan dan hiasan

Pemikiran yang konvensional akan menyarankan kamu untuk hanya memakai tudung nikah atau tambahan pada rambut jika gaun kamu terbuka dibagian belakang. Tetapi tidak di Vera Wang, dimana gaun renda jaman viktoria akan mendapat tambahan bulu, sementara di Naeem Khan, setiap mempelai wanita memakai penutup kepala berpola bunga dan anting berumbai. Elie Saab juga mempunyai sedikit twist untuk bagian tudung nikah dengan bereksperimen dengan rumbai - rumbai dan dipakai rendah pada bagian belakang kepala.

Elie Saab Photo: Courtesy of Elie Saab

Jubah

Jubah mulai dilirik pada musim sebelumnya, dan sekarang sudah mulai mendominasi dan dipakai dimana - mana menuju Fall 2018. Jubah sangat ideal untuk mempelai yang menginginkan sedikit drama tanpa memerlukan kain panjang ekstra atau overskirt yang mengembang. Monique Lhuillier membuat lapisan luar setengah tembus pandang, jubah berpola titik dan dipakai pada gaun se-mata kaki, sementara jubah racikan Saab memiliki tudung yang lumayan memiliki kesan dramatis agar terlihat lebih manis.ada juga jubah setengah panjang pada Marchesa dan Zuhair Murad.