Kulit Berminyak 101

kulit berminyakApa itu Kulit Berminyak?

Banyak orang berpikir bahwa mereka mempunyai kulit berminyak, padahal mungkin mereka mempunyai jenis kulit kombinasi. Yaitu, jenis kulit yang hanya berminyak di bagian hidung dagu dan dahi saja, kulit berminyak mempunyai ciri - ciri seperti berikut:

  • Terlihat mengkilat
  • Lapisan minyak terlihat tebal
  • Pori - pori lebar
  • Sering berjerawat

Cara memastikan kalau kulit kamu berminyak atau tidak adalah, bilas dengan pembersih di pagi hari, tunggu kering, jangan pake makeup atau produk lain dan tunggu satu sampai dua jam. Ketika kamu berkaca, jika muka kamu terlihat mengkilat maka kamu mempunyai kulit berminyak, dan kalau ternyata bagian pipi kamu telihat kering berarti kamu mempunyai jenis kulit kombinasi.

Penyebab kulit Berminyak?

Kondisi kulit berminyak terjadi karena produksi berlebih “sebum” oleh kelenjar minyak di bawah kulit muka. Biasanya kulit berminyak juga “warisan” dari orang tua kamu, setidaknya salah satu dari mereka mempunyai kulit berminyak juga. Atau juga karena kamu terlalu banyak mengganti produk untuk kulit kamu yang mengakibatkan kelebihan produksi minyak tadi loh.

Masalah Kulit Berminyak?

kamu mempunyai kulit berminyak kamu pasti memiliki beberapa masalah demikian:
  • Pori tersumbat: terlalu banyak minyak dan kotoran
  • Mengkilat: ya, muka kamu akan terlihat seperti cermin
  • Makeup cepat luntur: kamu akan sulit mempertahankan makeup, karena kulit berminyak kamu.

kabar baiknya kulit berminyak bisa membuat kamu awet muda loh, nanti di umur 40-an kamu akan bersyukur mempunyai kulit berminyak

Perawatan Rutin dan Melawan Minyak Berlebih

Walau kamu akan mengalami penuaan lebih lama dibanding jenis kulit lain, tetap saja pemandangan pori - pori yang besar dan muka mengkilat akan mengganggu. Kamu harus mencari cara untuk mengontrol produksi minyak:

  1. Cuci muka 2x sehari. Walau minyak akan kembali menumpuk setelah beberapa jam sehabis mencuci, kamu harus tahan untuk tidak mencuci lagi. Karena jika demikian, kulit malah akan memproduksi semakin banyak minyak, kalau sudah benar - benar tidak tahan, coba gunakan air saja untuk membasuh muka seperlunya.
  2. Gunakan pembersih yang cocok. Cari pembersih yang cocok untuk tipe kulit kamu, yaitu yang bisa membersihkan minyak dan kotoran secara bersamaan. Tunggu satu menit untuk memijat ringan kulit kamu lalu gunakan air hangat untuk membilas sampai bersih.
  3. Hati - hati menggunakan toner. Jangan sampai penggunaan produk tersebut membuat kamu mengikis jaringan minyak alami dan mengakibatkan semakin banyak produksi minyak oleh kelenjar.
  4. Seimbangkan minyak pada kulit. Ini adalah langkah penting dan setiap orang mengalami kesulitan. Kamu tau permasalahanya adalah terlalu banyak produksi minyak, dan kamu ingin menghilangkanya. Tetapi ternyata yang kamu lakukan malah mengikis lapisan luar kulit dan mengakibatkan lebih banyak minyak yang di produksi, dan kulit kamu semakin cepat mengalami aging. Minyak alami ( contohnya minyak kelapa ) adalah cara terbaik untuk menyeimbangkan produksi minyak pada kulit muka.

Tips untuk kulit berminyak

Berikut adalah langkah tambahan setalah kamu melakukan perawatan rutin untuk kulit berminyak:

  1. Gunakan makser 2 sampai 3 kali seminggu.
  2. Eksfoliasi 2 sampai 3 kali seminggu.
  3. Diet.
  4. Gunakan pelembab ringan.
  5. Gunakan produk bebas minyak.
  6. Hindari penggunaan produk berbentuk bubuk.
  7. Pakai tabir surya.