Tentang Kolagen dan Hubunganya dengan Penuaan

tentang kolagen

Saat kamu mendengar kata kolagen, sebagian besar tentang kolagen memiliki peran besar meningkatkan produksi di kulit kamu agar kamu terlihat lebih segar dan awet muda. Pasti dong kamu penasara, kolagen itu apa sih? Mengapa kita membutuhkannya? Dan yang terpenting, apa yang terjadi pada kita saat kita mulai menua?

Apa itu Kolagen?

Kolagen adalah protein structural berserabut panjang yang membentuk 30% protein di dalam tubuh. Kolagen menghubungkan dan mendukung semua jaringan di dalam tubuh kita yang dapat ditemukan di kulit, rambut, tendon, tulang, tulang rawan, dan fasia kita. Tempat dalam tubuh kita yang paling banyak mengandung kolagen yaitu di kulit, mencapai 70% dari massa total. Kalau kamu menganggap bahwa kulit adalah organ terbesar dalam tubuh kita, berarti kolagen adalah protein yang terpenting. Kolagen memilki kekuatan tarik yang besar, artinya bisa menahan banyak beban/tegangan tanpa putus. Kolagen bertanggung jawab atas elastisitas pada kulit dan merupakan protein yang paling menonjol pada tendon, yang mengikat otot-otot kita ke tulang-tulang kita. Singkatnya, kolagen berperan penting dalam ketahanan kulit kamu, pergerakan persendian, pembentukan tulang, atau penguatan pembuluh darah kita. Kolagen sangat kuat saat kita berusia muda, tetapi seiring bertambahnya usia, itu mulai berubah.

Apa yang Terjadi pada Kolagen saat Kita Bertambah Usia?

Semakin bertambahnya usia kita, semakin sedikit kolagen yang dihasilkan tubuh kita. Dimulai dari umur 20-an, tubuh kita memproduksi kolagen kurang 1% setiap tahunnya. Tidak hanya memproduksi lebih sedikit kolagen, tapi kolagen yang sudah kita miliki dalam tubuh mulai menurun performa nya (tergantung pada pilihan gaya hidup dan lingkungan), dan memiliki dampak yang cukup besar pada tubuh kita.

Penurunan protein yang menghubungkan otot-otot kita dengan tulang kita dan membiarkan sendi kita bergerak secara jelas menunjukkan bagaimana tubuh kita berubah seiring bertambahnya usia. Kulit kita kehilangan fleksibilitas dan mulai muncul tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, keriput, kulit kendor, dan penipisan kulit.

Apakah Ada Cara Untuk Mengatasi Kerusakan Kolagen?

           Ada banyak perusahaan kecantikan yang menghasilkan skin care yang mengandung kolagen, namun belum ada kepastian apakah produk ini benar-benar memberikan hasil pada kulit kamu.

Pertama, bisa gak sih kamu apply kolagen secara topikal ke kulit? Sejauh ini, sains mengatakan bahwa ini tidak berhasil. Kamu mungkin memiliki krim yang mengandung kolagen, tapi molekul kolagen itu terlalu besar untuk menembus lapisan dermis kulit kamu.

Beberapa ilmuwan berpikir kalau mengonsumsi kolagen untuk kecantikan juga membuang-buang waktu kamu, bahkan bisa berpotensi merusak protein yang lain yang ada dalam tubuh kamu. Kebanyakan ilmuwan berpendapat yang sama bahwa vitamin C dapat membantu mengatasi masalah penuaan karena vitamin C merupakan  bahan alami pembentukan protein dan dikenal sebagai hal yang kuat melawan stress, yang merupakan penyebab utama penuaan dan penurunan fungsi kolagen karena faktor lingkungan.