Selang waktu antara penggunaan produk perawatan kulit

selang waktuSering kali kita bertanya untuk berapa lama selang waktu ketika menggunakan banyak varian produk perawatan kulit. Karena variasi penggunaan produk bisa berpengaruh terhadap perubahan pada kulit, ini adalah pertanyaan sederhana dengan jawaban yang sederhana, yaitu: tidak ada selang waktu

Jika kamu menggunakan produk yang baik (kamu memang harus menggunakan produk yang baik), pada banyak kejadian menentukan selang waktu antara pemakaian adalah pilihan masing – masing orang (tergantung situasi).

Apakah kulit bisa menangani banyak produk sekaligus?

Alasan mengapa tidak ada selang waktu tersebut adalah segala macam produk yang kamu pakai akan mudah diserap oleh kulit dan melakukan tugasnya masing – masing. Tidak ada produk yang akan memperlambat kinerja produk lainya dalam mempenetrasi kulit.

Kulit bisa dengan mudah menangani banyak manfaat positif dari banyak produk yang kamu pakai sekaligus. Faktanya, karena setiap bahan mempunyai pengaruh yang berbeda, adalah sebuah kesalahan untuk tidak memberikanya kepada kulit yang membutuhkan; kelembutan, hidrasi, awet muda, dan lain – lain.

Luar biasanya, ini tentang bagaimana produk itu dirasakan oleh kulit dibanding kuantitas dari produk yang dipakai atau tentang bagaimana produk akan menyerap semua bahan itu. Beberapa orang akan menikmati selang waktu diantara pemakaian produk, sementara beberapa yang lain memilih untuk langsung menggunakan produk tanpa selang waktu dari produk sebelumnya, bahkan kamu bisa menggunakan metode eksperimen dengan cara mencampur 2 atau lebih produk di tangan sebelum dipakai.

Semua pilihan dan cara diatas itu boleh – boleh saja, dengan menghilangkan selang waktu antar pemakaian produk justru kamu akan menghemat waktu lebih.

 

Bagaimana dengan AHA dan BHA ?

Banyak orang khawatir pemakaian produk kulit setelah menggunakan eksfolasi dengan AHA dan atau BHA, tetapi tenang saja, jika produk AHA dan BHA yang digunakan mempunyai kualitas yang baik maka pemakaian produk perawatan setelahnya tidak akan mempunyai pengaruh negatif.

Kekhawatiran lainya adalah bahwa pemakaian produk kulit setelah eksfoliasi akan mempengaruhi kadar pH, dan mengurangi efek positif dari produk tersebut. Untuk penjelasan yang lebih teknis, pH dari sebuah produk tidak akan terpengaruh dan berubah begitu cepat, apa lagi produk yang kamu gunakan mempunyai jenis acidic pH atau kadar pH 7 yaitu kadar pH yang netral.

 

Beberapa pengecualian

Pasti akan ada beberapa pengecualian dalam artikel tips, tetapi untuk sekarang hanya ada sedikit saja, yaitu:

  1. Ketika produk yang kamu gunakan bersamaan terlihat bersatu dan menciptakan gumpalan, lebih baik untuk menunggu produk pertama kering dan baru menggunakan produk selanjutnya .
  2. karena tabir surya adalah produk yang harus terakhir dipakai, lebih baik kamu menunggu beberapa menit sebelum memakai makeup. Tetapi kalau foundation kamu mengandung pelembab dengan SPF 30 atau lebih, kamu tidak harus menunggu lagi.
  3. Kalau kamu mempunyai noda wajah dan menggunakan produk yang terbuat dari benzoil peroksida, lebih baik kamu menunggu beberapa saat sebelum menggunakan serum atau pelembab. Benzoil peroksida memerlukan waktu untuk menyerap kedalam kulit, dan itu hanya beberapa detik saja.

Tidak menggunakan selang waktu diantara pemakaian produk perawatan kulit akan membuat keseharian kamu semakin mudah dan memotong waktu yang lumayan.