5 Bahan rahasia perawatan kulit

Rahasia Perawatan Kulit

Rahasia Perawatan Kulit

Jika “asam hialuronik” terdengar seperti sesuatu dari film horror dan “ceramide” mengingatkan kamu dengan pekerjaan tembikar, kamu bukan satu – satunya. Kecuali kamu telah mendedikasikan banyak waktu untuk mempelajari label produk, karena akan sangat sulit untuk menghafal dan mengalami istilah dan nama tersebut.

Itu kenapa kita membuatnya lebih sederhana,  untuk membahas tentang kehebatan dari 5 bahan perawatan kulit yang sering kamu gunakan—dan apa saja kegunaan mereka

Asam Hyaluronic

Apa itu: Sebuah zat yang secara alami terbentuk di dalam tubuh yang berguna untuk meregulasi regenerasi sel, lubrikasi otot penghubung dan mempertahankan kelembaban dan ke elastikan kulit.

Cara bekerja: Ketika digunakan, asam hyaluronic membuat lapisan pelembab pada kulit, membantu untuk melembutkan kulit.  Bahan ini bisa menyerap air 1000x dari jumlah masanya, yang berkhasiat luar biasa untuk menjaga kulit agar tidak terdehidrasi. Sebagai bahan yang bisa disuntikan, asam ini berguna untuk “mengisi” kerutan dan garis penuaan. Karena asam ini sudah ada secara alami di dalam tubuh, maka bisa menjadi alternatif aman daripada bahan sintetis dan mempunyai kemungkinan kecil untuk di tolak oleh tubuh karena di identifikasi sebagai zat asing. Bagaimanapun molekul dari asam ini lumayan besar dan tidak bisa sepenuhnya menembus lapisan luar kulit.

Retinol

Apa itu: Bentuk aktif dari molekul vitamin A

Cara bekerja: Retinol adalah eksfoilant yang sangat kuat, membuat kulit melepaskan sel kulit mati dan bermasalah, membuat kamu semakin lebih muda dan sehat. Retinol juga meningkatkan produksi asam hyalurnic dan kolagen, membuat semakin sehat dan lembut. Memakai retinol bisa meningkatkan kekencangan kulit, membalikan efek buruk sinar UV dan lingkungan, membantu menghilangkan jerawat dan mengurangi proses hyperpigmentatio,lingkaran hitam, garis penuaan dan kerutan. Tidak heran bahwa retinol menjadi salah satu bahan utama dalam perawatan kulit.

Ceramide

Apa itu: molekul yang terbuat dari lemak, biasa ditemukan di lingkungan dengan konsentrasi tinggi diantara sel membran. Pada lapisan teratas kulit, ceramide melekatkan sel kulit, membentuk lapisan pelindung yang mengisi kulit dan mempertahankan kelembaban. (bayangkan sel sebagai batu bata dan ceramide sebagai semenya. )

Cara bekerja: Dalam produk perawatan kulit, ceramide digunakan untuk mengembalikan jaringan alami yang hilang karena terpapar lingkungan yang tidak bersahabat dengan kulit, pemakaian pe-ngering, dan karena proses penuaan. Ceramide mengembalikan kelembaban, meningkatkan pertahanan alami kulit dan membantu melawan kerusakan akibat faktor di luar tubuh. Ceramide juga membantu penyembuhan terhadap penyakit eksim.

Peptida

Apa itu: Peptida adalah segmen dari molekul protein yang mempunyai fungsi memberikan beberapa perintah tertentu kepada sel. Di dalam kulit, peptida bisa menambah produksi elastin (elastin menolong kulit agar lebih bouncy) atau membantu pemulihan kerusakan kulit luka.

Cara bekerja: Peptide yang di gunakan pada produk anti-aging akan masuk pada sel kulit, dan mengarahkan sel untuk melakukan beberapa hal seperti memproduksi kolagen, meringankan kulit merah atau membantu otot menjadi lebih relaks, dan karena demikian bisa mengurangi kerutan. Kegunaan lain dari peptide yang tidak bereaksi secara langsung adalah peptida memiliki bentuk sangat kecil, hingga bisa mempenetrasi sampai ke sel kulit. Berguna untuk membantu penyaluran zat lain. Contohnya peptida copper, membawa molekul perunggu masuk lebih jauh kedalam kulit sampai dimana itu bisa membantu pengobatan kulit dari dalam.

AHA/BHA

Apa itu: Alpha Hydroxy acid dan Beta Hydroxy acid adalah jenis asam yang berguna sebagai eksfolian. AHA yang terdapat di dalam buah dan susu, yang juga termasuk glycolic acid (tebu), lactic acid(susu), dan malic acid(apel dan pir). Dalam kosmetik, BHA secara eksklusif berbentuk salicylic acid, yang dimana berasal dari tumbuhan.

Cara bekerja: Dua kelas asam tersebut berguna sebagai eksfoilan, AHA (yang larut dengan air) bekerja pada lapisan luar dan BHA (yang larut dengan minyak) bisa masuk lebih dalam dan membersihkan saluran minyak yang tersumbat oleh kotoran atau mengangkat sel kulit mati. BHA digunakan untuk merawat kulit berminyak dengan bintik hitam maupun putih, dan AHA digunakan untuk mencerahkan kulit yang kusam. Bagaimanapun, kamu akan menemukan banyak produk yang mengandung AHA dan BHA sekaligus, untuk proses pembersihan yang lebih baik. Intensitas eksfoilan tergantung dari tingkat keasaman AHA dan BHA, dan untuk tingkat konsentrasi yang lebih tinggi kamu memerlukan resep dokter untuk mendapatkanya.