7 Kegiatan merawat diri

Merawat diri

Merawat diri kerap disalah artikan sebagai kegiatan untuk memanjakan diri,  tetapi bukan berarti hal seperti spa, atau belanja dilarang ya. Masih ada banyak hal lain yang bisa kamu lakukan, Yaitu yang berguna untuk kualitas pikiran dan tubuh kamu.  Kebanyakan gratis dan tidak menyita banyak waktu loh.

Merajut

Hobby adalah perawatan diri yang paling mengasyikan, beberapa hobby bisa untuk membantu kamu untuk meringankan bahkan menghilangkan stress, dan apa salah satunya? Merajut. Penelitian menunjukan bahwa merajut mempunyai keuntungan yang sama dengan meditasi, melindungi dari gangguan kognitif dan mengurangi gejala stress, seperti Anxiety disorder dan depression.

Berendam

Berendam di air hangat bisa mempunyai keuntungan yang sama seperti olahraga ringan; menurunkan tensi darah, membantu sirkulasi darah, menaikan daya tahan tubuh, dan mengurangi rasa sakit atau radang. Asyiknya ini bisa di lakukan sambil bermalas - malasan.

Berpelukan

Ada juga cara merawat diri yang murah juga nyaman nih, yaitu berpelukan dengan orang yang tersayang. Penelitian mengindikasi bahwa berpelukan dengan orang atau peliharaan yang dicintai bisa menekan tensi darah dan kadar kortisol, itu juga meningkatkan oksitoksin. oksitosin adalah hormon yang membuat kamu tenang.

Makanan pedas

Suka pedas? jika jawabanya iya, maka kamu sudah melakukan perawatan diri untuk melawan stress. Makanan pedas akan membuat tubuh kamu melepaskan endorphin, atau hormon yang membuat kamu bahagia secara alami. Makanan pedas memiliki capsaicin,  mempunyai fungsi antibakteri dan antioksidan alami.

Mendengarkan lagu sedih

Playlist sedih di smartphone yang kamu dengarkan setiap habis putus itu ada gunanya loh, karena ada hal aneh terjadi ketika kamu mendengarkan lagu sedih. Penelitian menunjukan; kamu akan merasa lebih senang. Mereka mengindikasi bahwa musik sedih sebenarnya mengangkat kesehatan emosional kamu dengan cara menginsipirasi perasaaan nostalgia, keingintahuan, dan kedamaian. Juga lagu sedih bisa membantu dalam memecahkan masalah.

Membaca Buku

Kamu "kutu buku"? Ini ada sebuah fakta menarik; jika kamu seorang kutu buku kamu mungkin akan hidup lebih lama. Orang yang membaca buku lebih dari tiga jam setengah setiap minggu akan hidup dua tahun lebuh lama daripada mereka yang tidak. Membaca mempunyai efek luar biasa, sebagai alat untuk relaksasi, hanya 6 menit membaca bisa menurunkan stress sebanyak 68 persen. Jadi jangan hanya membaca gossip ya, bacalah juga buku yang bisa meningkatkan kualitas hidup kamu.

Berjalan Kaki

Apa yang lebih baik dari pada mempunyai tubuh yang fit? kamu tidak harus fitness atau olahraga yang berat; hanya 20 sampai 30 menit jalan kaki setiap hari bisa menambah tujuh tahun dalam hidup kamu, dan orang yang rutin berjalan kaki mempunyai resiko terkena penyakit jantung yang lebih dendah. Berjalan kaki juga bisa meningkatkan percaya diri, menyembuhkan penyakit gelisah dan depresi.