Meditasi untuk kecantikan dan kesegaran tubuh

meditasiDi barat sana ada kebiasaan untuk meditasi memakai bandana ketika mereka sedang sakit, meminum kopi jika kekurangan tidur, membeli wine sehabis hari yang super sibuk dan melelahkan, membeli aspirin jika terserang migrain, dan itu semua untuk membuat perasaan dan keadaan tubuh menjadi lebih baik.

Tetapi sebenarnya, bukan lah wine atau kopi yang menjadi solusi.

Masalah utama adalah stress.

Kita semua tahu bahwa stress buruk untuk kesehatan, dan dokter menganggap stres sebagai “black plague” pada abad ini. Terutama karena stress bisa menyebabkan gangguan fisik dan atau gangguan jiwa.

Apa solusinya? Meditasi

Terdengar terlalu sederhana untuk menjadi kenyataan, tetapi jika stress bisa membuat banyak hal kacau pada badan dan pikiran kita maka akan ada alasan untuk mencoba meditasi. Ini bagaimana meditasi bekerja, metode ini disebut dalam bahasa inggris de-exciting the nervous system, yaitu dengan membuat teratur sel – sel di dalam tubuh agar bisa mengatur level stress, dan memberikan kemampuan pada otak untuk mengerjakan hal – hal yang penting dibanding untuk memikirkan stress terlalu dalam.

Bagaimana ini bisa membantu tidur kamu?

Semua hal dalam tubuh mempunyai efek domino satu dengan yang lainya. Ketika kamu melakukan meditasi maka kamu akan menghilangkan atau meringankan stress pada pikiran dan tubuh kamu. kamu bisa benar – benar tidur dan mengistirahatkan badan kamu, ketika badan beristirahat seutuhnya, hormon dan enzym anti stress akan melakukan tugasnya. Beberapa orang penderita insomnia mengaku merasa lebih mudah tidur setelah melakukan meditasi rutin minimal sebanyak enam kali, juga membantu untuk mereka yang mengalami kelelahan pikiran atau depresi.

Penyakit?

Kita sudah tahu bahwa stress bisa sangat berpengaruh kepada kesehatan badan, tetapi apakah kamu tahu bahwa stress bisa mengganggu fungsi pertahanan tubuh? Ketika badan kamu mengalami stress, badan akan melakukan pertahanan otomatis seperti sedang mengalami ancaman fisik dari luar, dan karena demikian badan tidak mempunyai energi lebih untuk melakukan fungsi pertahanan tubuh seperti biasanya. Dengan meditasi dua kali setiap hari, kamu akan mengurangi stress yang berarti juga kamu akan mengurangi resiko sakit karena stress.

keuntungan meditasi bukan hanya keuntungan secara psikologis, tetapi lebih terutama itu akan memberikan keuntungan langsung terhadap kesehatan dan kesegaran fisik kamu, salah satu metode untuk restorasi fungsi pertahanan tubuh terhadap penyakit, dan memudahkan pengurangan stress sehari – hari. Ini juga berarti salah satu cara untuk tetap awet muda loh.

Juga termasuk untuk penyembuhan penyakit kronis

Beberapa orang yang mengalami penyakit kronis ( termasuk migrain yang rutin ) mengaku migrain mereka menghilang dan mengalami penurunan tingkat kekhawatiran juga stress, ini akan sangat membantu untuk membantu tubuh melawan dan menyembuhkan penyakit kronis sisanya. Dalam kata lain ketika kamu mempunyai ketenangan mental kamu akan lebih baik dalam menghadapi penyakit kronis untuk penyembuhan.

Stress berkurang = kulit awet muda.

Meditasi bukan lelucon. Maksudnya banyak hal positif yang bisa di dapat, termasuk untuk penampilan fisik kamu loh. Ada bidang yang disebut dengan psikodermalogi yang fokus terhadap korelasi antara emosi dan kesehatan kulit. Ketika kita stress, tubuh akan memproduksi asam untuk mengurangi pencernaan, dan asam yang sama itu akan juga melalui kulit berujung kepada penuaan dini, jerawat, dan lain – lain. Ada alasan mengapa orang – orang yang melakukan yoga dan meditasi akan terlihat lebih muda dari umur sebenarnya.

Metode untuk menyembuhkan stress ini tidak mahal, tidak memerlukan fasilitas apapun ( kecuali tempat duduk ) dan bisa di lakukan oleh semua orang dengan keterbatasan apapun ( kecuali penyakit jiwa kronis )