Manfaat olahraga untuk kulit

manfaat olahraga

Manfaat olahraga untuk Kulit

Sebagai anti-aging

Ternyata semua produk yang ada di kabinet perawatan kamu bukan satu – satunya jalan untuk menjaga agar kulit tetap awet muda. Hasil penelitian menemukan bahwa setidaknya olahraga 3 jam sehari akan membuat kulit lebih muda daripada mereka yang tidak, berapapun umurnya. Mereka yang berolahraga lebih dari 3 jam akan mendapatkan hasil kulit yang lebih muda 20 tahun. Karena Olahraga jelas meningkatkan kadar IL-15 di dalam kulit, substansi yang diciptakan karena aktifitas otot barfungsi untuk mengganti sel yang sudah mati secara cepat, bahkan untuk sel yang
tidak dekat dengan otot tersebut. Jadi ketika kamu mencari motivasi, ingatlah bahwa olahraga sudah terbukti untuk menjauhkan kerutan.

Terpapar Sinar Matahari

Semenjak kamu tahu bahwa olahraga bisa membuat kamu lebih muda, dan hal terakhir yang ingin kamu lakukan setelah mendapatkan keuntungan anti-aging adalah terpapar terlalu banyak sinar matahari. Terpapar ketika melakukan aktifitas luar rumah akan mengakibatkan penuaan dini dan menambah resiko kanker kulit. Sementara pemakaian tabir surya adalah wajib setiap waktu, kamu harus berhati – hati untuk memakai kembali karena ketika berkeringat, tabir surya akan cepat luntur. Kalau bisa coba juga pakai krim SPF dan topi yang lebar.

 

Membuat semakin bercahaya

Olahraga yang baik akan melancarkan peredaran darah dalam tubuh, termasuk kepada kulit. Peredarah darah yang lancer akan membuat semakin lancar asupan oksigen dan mempercepat pergantian sel – sel yang sudah mati, membuat kulit kamu terlihat lebih muda, bersinar, dan empuk. Ini dilatarbelakangi prinsip yang sama dengan perawatan oxygen facial dan microdermabrasion yang bertujuan untuk menstimulasi peredaran darah. Jadi kalau kamu berencana pergi ke spa, cobalah untuk memilih kelas olahraga karena akan mengurangi resiko terkena eksim dan psoriasis.

 

Olahraga terbukti bisa mengurangi stress.

Stress membuat kelenjar adrenal memproduksi cortisol berlebih–sering dibilang sebagai hormon stress—yang bisa membuat radang di seluruh tubuh. Dan untuk kulit, bisa memperparah keadaan seperti eksim, psoriasis, bahkan acne. Jadi olahraga bisa menekan kadar cortisol, yang berarti penurunan tingkat stress pada tubuh. Kalau anda merasa stress dan tidak tenang, cobalah untuk pergi ke Gym terdekat.

Bisa menyebabkan jerawat

Ketika berbicara soal acne, olahraga bisa menjadi pedang bermata dua. Seperti yang disebutkan di atas bahwa olahraga bisa mengurangi kadar cortisol ( enzim yang meningkatkan produksi minyak dan peradangan, dua hal penting dalam pembentukan
acne ), tetapi di lain sisi keringat dapat menyumbat pori – pori dan menyebabkan jerawat. Bahkan ada beberapa kondisi yang disebut dengan “Helmet Acne”, dimana jerawat akan muncul di daerah yang tertutup oleh helm ketika kamu berolahraga seperti sepeda dan olahraga lainya. Tetapi itu bisa dihindari dengan cara membersihkan wajah sehabis olahraga, walau biasanya tidak ada cukup waktu untuk itu. Setidaknya kamu bisa mengelap wajah dengan handuk. Pilihlah produk dengan asam glisolik atau salicilik, yang akan menghilangkan acne dan membuat kulit tetap bersih, jangan lupakan area dibawah dagu, dan jika kamu memakai tanktop atau bra pastikan kamu juga membersihkan bagian punggung dan dada tepat setelah melepasnya.