Kulit Kombinasi 101

kulit kombinasi

Jenis kulit kombinasi tergolong jenis yang umum, tetapi akan sedikit sulit untuk perawatan. Jika kamu mempunyai jenis kulit kombinasi pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah T-zone. Faktanya, kamu pasti merasa kulit kamu berbeda setiap bagian-berminyak di bagian dahi, hidung dan dagu lalu kering di bagian pipi dan bawah mata. Jangan bersedih, karena sekali lagi jenis kulit ini masih tergolong umum. Kamu pasti bingung ketika kamu ingin melembabkan kulit pipi tetapi juga tidak ingin membuat hidung jerawatan, bagaimana dengan perbedaan tersebut kamu menanggulanginya ? berikut adalah tips dan trik untuk merawat kulit jenis kombinasi.

Apa itu kulit kombinasi?

Kulit kombinasi adalah jenis kulit yang mempunyai sifat kering dan berminyak. Ketika kamu menggambar huruf T besar yang menutupi semua wajah kamu maka di bagian tersebut adalah kulit yang berminyak, sementara area yang diluar huruf T tersebut mempunyai sifat kering atau pecah - pecah. Dari situlah berasal istilah T-zone.

Kulit kombinasi juga berarti kamu mempunyai garis penuaan, kerutan, dan jerawat dalam kurun waktu yang sama atau berdekatan. Hal itu memang sangat sulit untuk diawasi, mungkin juga kamu mengalami kondisi yang lebih unik lagi yaitu, kulit berwarna belang dan pori - pori hidung lebar.

Penyebabnya?

Disebabkan oleh genetik. Seperti halnya warna kulit, mata, dan jenis badan kamu juga berasal dari genetik, yang berasal dari orang tua kamu. Umumnya, orang yang memiliki kulit kombinasi akan mempunyai bagian berminyak pada dahi, hidung dan dagu. Bagian tersebut memiliki resiko untuk pori - pori tersumbat, sementara bagian sisanya yaitu pipi dan lainya beresiko mengalami kulit pecah - pecah dan kering. Dalam beberapa kejadian, menggunakan produk dengan kandungan alkohol dan asam sulfat bisa mengakibatkan terciptanya kulit kombinasi.

Permasalahan Utama

Masih ragu kalau kamu mempunyai kulit kombinasi, coba basuh muka kamu dengan cleanser, keringkan, dan tunggu 10 - 15 menit. ( Jangan memakai produk lain ) coba perhatikan jika bagian pipi dan mata mengalami kekeringan dan terasa ketat, sementara bagian hidung, dahi, dan dagu terasa berminyak dan mungkin terlihat pori - pori yang tersumbat. Jika keadaan diatas kamu rasakan maka kamu positif mempunyai kulit kombinasi.

Pertanda lain adalah kamu pasti sulit menemukan produk perawatan wajah yang cocok dengan kulit kamu. Ada yang membuat pecah - pecah, ada juga yang membuat kulit kamu terasa kering dan sangat lesu.

Ini adalah masalah utama kulit kombinasi:
  • Pori - pori tersumbat di bagian T-zone
  • Pori - pori lebih lebar di bagian T-zone area
  • Kulit berminyak dan mengkilat di bagian T-zone area
  • Pipi kering dan pecah - pecah
  • Pipi dan leher akan lebih sensitif ketika memakai cleanser.

Kebiasaan yang bisa merawat kulit kombinasi.

Kebiasaan di bawah ini bisa membantu kamu menanggulangi kebingungan akibat kulit kombinasi:

  • Melembabkan luar dalam: A challenge with combination skin is to get enough moisturizer into it without clogging pores. You can moisturize from the inside out with essential fatty acids. Eat more salmon, walnuts, and flaxseed, and consider taking a fish oil or flaxseed oil supplement. Tantangan bagi mereka yang mempunyai kulit sensitif adalah melembabkan tanpa membuat pori - pori tersumbat. Kamu bisa melembabkan kulit dari dalam, makan salmon, walnut, dan flaxseed, juga bisa dengan mengkonsumsi minyak ikan atau suplemen.
  • Hindari Cleanser dengan atribut kasar: Bahan seperti asam, alkohol, dan sabun bisa mengambil lapisan minyak alami pada kulit.
  • Olahraga: Memacu jantung dan mempercepat aliran darah, membantu menyalurkan nutrisi penting ke seluruh tubuh termasuk kulit.
  • Meditasi: Stress bisa mengakibatkan kulit terkena dampak lebih sensitif dan reaktif, coba untuk mempraktekan yoga, meditasi atau kegiatan lainya sebagai stress relief.
  • Hindari produk yang menyumbat pori: Untuk memilih produk perawatan kulit pilih produk dengan klasifikasi untuk kulit berminyak atau kombinasi, hindari bahan pelembab yang terbentuk dari petroleum.
  • Pilih produk tanpa parfum: Pipi untuk kulit kombinasi pasti akan sangat rawan terkena kekeringan, lesu, dan flek, juga terancam iritasi. Hindari produk dengan pewangi kimia atau bahan mengiritasi lainya.
  • Lindungi dari lingkungan sekitar: Seperti jenis kulit lainya, kulit kombinasi juga memerlukan perlindungan dari lingkungan, terutama sinar UV. Pemakaian tabir surya serta topi sangat disarankan.

Perawatan rutin

Dengan kulit kombinasi, kunci perawatanya adalah keseimbangan. Kamu harus mencari titik seimbang antara perawatan kulit kering dan berminyak, memang bukan tugas yang mudah dan berikut adalah tips untuk itu.

Satu hal lagi yang harus dipikirkan--untuk kebanyakan orang kulit jenis kombinasi mempunyai satu sisi yang dominan, bisa saja itu kulit kering atau berminyak.

  • Cuci muka teratur. Direkomendasikan untuk menggunakan pencuci muka yang terbuat dari bahan alami, karena bisa memberikan keuntungan yang ekstra dengan hampir tidak mempunyai efek samping, jangan menggunakan pembersih yang terlalu mempunyai bahan kimia didalamnya.
  • Pemilihan toner. Kebanyakan toner pasti mempunyai kandungan alkohol, mentol, dan parfum. Semua itu adalah bahan yang tidak bersahabat untuk kulit kombinasi, carilah toner dengan bahan alami dan mempunyai kandungan Ph yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Metode melembabkan kulit yang berbeda. Pelembab kulit biasanya di fungsikan untuk kulit kering saja atau berminyak saja. Direkomendasikan kamu memiliki keduanya--pelembab yang cukup berat untuk bagian pipi dan mata, sementara pelembab yang ringan untuk bagian hidung, dahi, dan hidung. Ini bisa bekerja, tetapi permasalahanya adalah metode ini membutuhkan ongkos dan waktu yang lebih mahal dari perawatan biasa.

 

Ini adalah daftar perawatan yang bisa dilakukan seminggu sekali:
  • Mengelupas kan kulit. Lakukan sesuai kebutuhan saja, kulit kombinasi juga membutuhkan perawatan ini. Bagian kulit berminyak perlu untuk di bersihkan dengan perawatan ini, walau untuk bagian pipi diharapkan dilakukan dengan pelan - pelan agar tidak terjadi iritasi atau kulit sensitif
  • Memilih masker yang kaya gizi. Memilih masker untuk kulit kombinasi memang agak susah, karena kamu tidak yakin untuk memilih yang menyerap minyak atau melembabkan. Semakin bingung bukan?
  • Serum. Semua tipe kulit membutuh kan perawatan ini untuk memberikan kadar oksigen yang cukup untuk kulit bernafas, pilih serum (sekali lagi) dengan bahan yang alami, hindari bahan kimia dan sintetis.