Kulit kering dan kulit yang mengalami dehidrasi: perbedaan dan penanganan

kulit keringPertanyaan tentang perbedaan kulit kering dan kulit yang kekurangan kelembaban ( terdehidrasi ) adalah pertanyaan yang mempunyai jawaban penting loh

Pembuat produk perawatan kulit pasti mempunyai label untuk menunjukan produk mereka akan melembabkan atau menambah hidrasi kulit, dan mengetahui perbedaan antara keduanya tidak kalah penting. Itu akan menentukan fungsi produk bagi kulit kamu.

Hidrasi

Hidrasi berarti intensitas banyaknya air di dalam sesuatu, hubunganya dengan perawatan kulit, adalah banyaknya air yang terdapat didalam sel – sel kulit kamu yang mempunyai efek kepada kesehatan, kelembutan, dan kecantikan.

Ketika kulit muka kamu tetap tercukupi kadar airnya maka tidak akan muncul kerutan atau garis penuaan pada muka dan akan membantu kamu semakin awet muda tiap tahunya. Karena ketika sel kulit kamu tercukupi kebutuhan airnya, maka, mereka akan lebih efektif untuk melakukan tugas serta fungsinya masing – masing.

Bagaimana cara yang paling gampang untuk menjaga intensitas air di dalam sel tercukupi? Adalah dengan meminum air yang cukup setiap harinya, tetapi karena kulit adalah organ terakhir yang akan mendapatkan pasokan air maka diperlukan perawatan ekstra dari luar, seperti penggunaan serum dan lain – lain.

Bahan – bahan yang membantu dari luar seperti asam hialuronik, sodium hialuronat, gliserin, dan madu ( biasa dipanggil dengan istilah humenctant ) Bahan – bahan tersebut akan membantu sel untuk mengikat, dan mencukupi kebutuhan air. Serum anti-aging yang biasa kamu pakai biasanya mengantung sodium hialurinat dan non-GMO gliserin untuk menjaga dan membantu kulit kamu tetap tercukupi kadar airnya.

Kelembaban

Ketika berbicara soal kelembaban tidak akan bisa dipisahkan dengan kadar minyak.

Di dalam kulit terdapat kelenjar minyak atau kelenjar sebaceous. Kelenjar ini tentu menghasilkan minyak (sebum) yang berguna untuk melindungi, melumasi, dan menutrisi kulit, serta menentukan seberapa cepat kamu akan terlihat tua ( kerutan dan garis penuaan ). Untuk mereka yang mengalami pori – pori tersumbat pasti memiliki jenis kulit berminyak atau mungkin kombinasi, dikarenakan produksi minyak berlebih oleh kelenjar tadi. Sementara kulit kering mengalami situasi kekurangan produksi minyak.

Tidak perduli jenis kulitnya, melembabkan adalah proses yang penting dan menjadi kebutuhan semua orang

 

Apa perbedaan keduanya?

Sekarang kamu telah mengetahui pengertian dasar tentang hidrasi dan kelembaban, sekarang saatnya mencari tahu apa perbedaan diantara keduanya.

Karena tujuan dari hidrasi adalah mengikat air didalam sel dan kelembaban adalah untuk mencegah air untuk lepas dari sel, sangat penting untuk pertama melakukan proses hidrasi kemudian kamu baru melembabkan kulit.

Itu kenapa kamu harus memakai serum terlebih dahulu, sebagai produk yang paling bisa meng-hidrasi kulit, dan setelah lapisan hidrasi terbentuk barulah kamu menutupnya dengan lapisan minyak atau pelembab.

untuk mereka yang menderita kelebihan minyak, melakukan pelembab teralu sering tidak akan disarankan, bahkan terkadang kamu hanya perlu melakukan proses hidrasi saja. Karena, kulit kamu akan memproduksi cukup minyak ( bahkan lebih ) untuk menjaga agar air tetap terikat di dalam sel – sel kulit

Kulit kering dan kulit dehidrasi

Kulit kering berarti kulit tersebut kekurangan minyak dan kulit yang dehidrasi berarti kekurangan air. Jadi kamu mungkin hanya mengalami salah satunya saja, atau juga mungkin kamu malah mengalami kedua – duanya, dan ini adalah alasan mengapa kamu perlu berhati – hati menggunakan produk perawatan kulit.

Kulit yang kekurangan air akan terasa ketat dan terlihat lusuh, bahkan setelah kamu menggunakan pelembab. Gunakan lah serum yang memperkaya kadar air untuk kulit seperti yang disebutkan sebelumnya, gunakan serum sebelum pelembab untuk mengunci air agar tetap berada di dalam kulit.

Dan kulit kering berarti kekurangan minyak dan menyebabkan; kekasaran, fdan flek. Jika ini yang kamu rasakan, coba gunakan pelembab dengan bahan – yang tepat. Disarankan kamu menggunakan minyak alami karena akan mempenetrasi kulit lebih dalam dan membantu kulit untuk bernafas ( dibanding menciptakan lapisan minyak seperti kebanyakan produk ).