Kesalahan Mencuci Muka

Mencuci muka

Pasti banyak diantara kamu yang juga melakukan kesalahan mencuci muka ini:

#1 Membeli produk yang salah

Pembersih yang benar seharusnya mengangkat semua kotoran, makeup dan noda tetapi tidak mengambil terlalu banyak minyak atau sel kulit yang masih sehat. Cari lah yang bisa seperti itu tetapi juga jangan yang terlalu lembut atau kasar.

#2 Terlalu sering Cuci Muka

Dalam sehari, membasuh muka sekali atau dua kali adalah baik. Dan jika lebih maka akan membuat kulit iritasi, kelebihan minyak pada wajah. Kalau pada siang hari kamu tidak memakai makeup, sunscreen, dan tidak berkeringat terlalu banyak maka jangan pakai cleanser dimalam hari cukup bilas dengan air saja.

#3 Temperatur Air yang Salah

Mitos : air panas membuka pori dan air dingin menutupnya , padahal kenyataanya pori tidak mempunyai otot untuk membuka atau menutup. Air panas akan terasa enak di kulit padahal itu membuat kulit menjadi kering, kehilangan minyak dan meningkatkan produksi sebum. Air hangat adalah yang terbaik untuk membasuh muka.

#4 Terlalu Banyak Eksfoliasi.

Mengelupaskan kulit adalah hal bagus untuk menyingkirkan sel kulit mati, tapi tetap keseimbangan adalah kuncinya, jangan lebih dari dua atau tiga kali seminggu dan gunakan jari jangan pakaian agar tidak merusak lapisan kulit.

#5 Tidak Membilas dengan Cukup

Kurang membilas menyebabkan penumpukan residu, yang bisa menyumbat pori dan membuat kulit kering. Bilas lah secara menyeluruh, bahkan ketika kamu sedang buru – buru atau sedang lelah dimalam hari. Basuh lah seluruh muka tanpa kecuali.

#6 Menggunakan Bahan yang Mengiritasi

Apakah wajah anda mungkin alergi pada beberapa bahan kimia seperti Sodium Auryl Sulfate  yang banyak menyebabkan alergi pada kulit. Ingat, selalu baca deskripsi bahan pada produk.

#7 Menggosok dengan handuk

Pijat, jangan gosok. Mungkin menggosok terasa enak namun itu dapat merusak kulit yang menyebabkan kulit menjadi tidak kencang. Jangan gunakan sembarang handuk, jangan biarkan bakteri mengenai muka anda. Hanya pakai handuk lembut yang bersih.

#8 Menunggu Kering

Untuk memaksimalkan pelembab, gunakan pelembab tepat setalah pembersih saat kulit masih basah. Ini juga bisa digunakan untuk pemakaian serum. Menunggu hingga kulit mu kering menyebabkan pelembab lebih susah bekerja dan juga membuat kulit terasa berminyak.

#9 Pintar Berbelanja Produk Perawatan

Membeli pembersih wajah yang mahal tidak lah terlalu mempunyai banyak manfaat, carilah produk sederhana, agar kamu bisa membelikan uang mu untuk serum atau pelembab yang memiliki manfaat yang lebih banyak.

#10 Takut akan Minyak

Sudah lama minyak dianggap salah satu penyebab utama untuk penghambatan pori – pori, tetapi kemudian pendapat ilmuan telah berubah bahwa minyak bisa membersihkan wajah juga. Lawan minyak dengan minnyak. Karena dengan minyak yang tepat akan bisa membersihkan pori dan bakteri , serta menyembuhkan juga menyeimbangkan kesehatan kulit cari minyak pembersih dengan minyak alami atau kamu bisa mencoba minyak kualitas tinggi, seperti Almond, apricot, biji anggur, atau biji bunga matahari di toko terdekat. (minyak kelapa atau minyak zaitun juga bisa tetapi tidak untuk semua orang) usapkan di seluruh wajah lalu bersihkan dengan kain yang direndam air hangat, pastikan semuanya di bersihkan agar tidak terjadi penumpukan residu pada pori – pori.