8 cara agar makeup tahan lama untuk kulit berminyak

makeup tahan lama

8 cara agar makeup tahan lama untuk kulit berminyak

Punya kulit berminyak bukan berarti kamu susah untuk pakai makeup. Kamu hanya perlu menemukan makeup yang sesuai untuk kulit berminyak kamu.

Selalu pakai primer sebelum memakai makeup

Untuk kamu si kulit berminyak, menggunakan primer membantu makeup kamu tahan seharian tanpa terlihat berantakan. Kamu harus focus mengoleskan primer bebas minyak dan bebas bersinar pada area wajah yang paling banyak menghasilkan minyak seperti dahi, hidung, dan dagu. Pakailah primer sebelum memakai makeup lainnya.

Gunakan primer yang khusus untuk kelopak mata.

Biasanya kita menutupi lingkaran hitam dibawah mata dengan concealer, tapi penggunaan concealer setiap hari bisa menghasilkan kerutan pada mata kamu. Sebagai gantinya, gunakan primer yang dirancang khusus untuk kelopak mata.

Jangan memakai bedak berlebihan

Jangan sering menumpuk bedak kamu karena bisa menutup pori-pori kamu dan menghasilkan lebih banyak minyak. Pakai bedak hanya pada area yang berminyak. Gunakan bedak matte yang bisa mengurangi minyak pada wajah kamu.

Selalu bawa kertas minyak

Kertas minyak harus selalu tersedia di tas kamu kemanapun kamu pergi. Wajah kamu cenderung berminyak di siang hari dan kamu bisa menggunakan kertas minyak untuk mengurangi nya. Trik menggunakan kertas minyak yaitu dengan menekannya (hindari menggosok kertas minyak pada wajah karena akan menghapus makeup kamu).

Pilih makeup yang bebas minyak

Karena kulit kamu secara alami menghasilkan minyak, maka pilih lah makeup yang bebas minyak (terutama foundation dan blush) dan noncomedogenic, yang berarti tidak menyumbat pori-pori kamu. Selain itu, gunakan pembersih wajah dan toner yang mengandung asam glikolat, yang membantu mengurangi produksi minyak.

Carilah makeup yang tahan lama

Makeup yang tahan lama akan membantu wajah kamu terlihat bersih. Contohnya mascara dan eyeliner yang waterproof, water resistant, atau yang tahan lama.

Pakai krim yang lembut, jangan yang licin.

Krim yang “berat” seperti anti-aging dapat kamu gunakan malam hari sebelum tidur, tetapi untuk makeup dipagi hari, jangan lupa untuk memakai pelembab dan sunscreen “free-oil formula”.

Pakai masker yang menyerap minyak

Setiap sekali atau dua kali seminggu, gunakan perawatan masker. Masker yang mengandung kaolin atau bentonite clay adalah masker yang paling baik untuk kulit berminyak, yang menyerap minyak tanpa menimbulkan iritasi.