Apakah Kemacetan dan Polusi berbahaya untuk kulit?

polusi berbahayaPolusi berbahaya untuk kesehatan dan juga buruk untuk kecantikan kamu. Menurut penelitian terbaru, paparan bahan kimia beracun di udara bisa menyebabkan bintik-bintik penuaan, garis-garis halus dan keriput pada wajah, dan kekencangan kulit semakin berkurang.

Pencemaran Bisa Meningkatkan Resiko Masalah Ginjal dan Kanker

Polusi mempengaruhi kita dengan beberapa cara berikut:

Ozon mempengaruhi fungsi paru-paru dan menyebabkan peradangan pernapasan bahkan saat berolahraga. Paparan berulang dapat menyebabkan kerusakan permanen di paru-paru.
Nitrogen dioksida menyebabkan iritasi paru-paru, menurunkan resistensi terhadap infeksi seperti flu, dan dalam jangka panjang, dapat meningkatkan risiko penyakit pernapasan akut pada anak-anak.
Partikulat materi (partikel padat atau cair di udara, seperti jelaga) dapat merusak jaringan paru-paru dan telah dikaitkan dengan kanker dan kematian dini.
Sulfur dioksida mempengaruhi pernapasan dan memperparah penyakit kardiovaskular yang ada.
Paparan timbal dapat menyebabkan penyakit ginjal, gangguan reproduksi, kejang, dan kelainan perilaku.
Karbon monoksida, pada tingkat tinggi, dikaitkan dengan gangguan penglihatan, kemampuan belajar yang buruk, dan komplikasi penyakit kardiovaskular.
Hubungan Antara Polusi dan Penuaan Kulit

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang beraktivitas sehari-hari di tempat yang penuh polusi lebih cepat menua daripada mereka yang beraktivitas di daerah dengan udara bersih. Beberapa hal berikut mempengaruhi penampilan kamu;

Paparan polusi udara secara signifikan menyebabkan tanda-tanda penuaan kulit, seperti hiperpigmentasi, bintik-bintik penuaan, dan keriput.
Polusi udara sekitar menyebabkan risiko bintik muncul di dahi dan pipi meningkat 20%.
Polusi udara meningkatkan risiko bintik-bintik penuaan.

 

Apa yang Harus Kamu Lakukan Untuk Mencegah Penuaan Dini karena Polusi?

Dimanapun kamu tinggal, kamu pasti terkena setidaknya beberapa tingkat polusi udara. Cobalah beberapa tips berikut untuk membantu menjaga kulit kamu tetap awet dan terawat;

Bersihkan wajah kamu secara teratur!

Mungkin kamu kadang melewatkan mencuci muka di malam hari, apalagi saat kamu gak pakai makeup. Meskipun kamu gak pakai makeup, tapi polusi dan debu sekitar menempel di wajah. Jadi, jangan pernah melewatkan mencuci dan membersihkan wajah sebelum tidur ya!

Hydrate.

Kulit yang terhidrasi adalah kulit yang sehat, dan mampu melindungi diri dari stressor lingkungan. Jika kulit menjadi kering, lapisan luar menjadi kering juga, dan bisa menyebabkan retakan kecil pada kulit yang membuat debu masuk. Kulit kamu memiliki penghalang alami untuk melindungi dirinya sendiri, dan pelembab kamu bisa memperkuat penghalang alami itu. Saat memilih pelembab, pastikan tidak mengandung bahan kering apapun.

Exfoliate.

Ini adlaah bagian dari perawatan kulit yang sehat. Pengelupasan kulit menghasilkan pori-pori yang bersih dan terbebas dari debu.

Pakai antioksidan untuk kulit kamu.

Antioksidan adalah pertahanan terbaik untuk melawan stressor lingkungan. Itu berarti agar kulit kamu terlihat muda, kamu harus mengkonsumsi makanan antioksidan seperti buah, sayurah, the, dan dark chocolate. Kamu juga bisa memakai produk perawatan kulit yang mengandung tanaman seperti cranberry dan vitamin E yang merupakan antioksidan topikal yang sangat penting untuk melindungi kulit kamu.

Lindungi kulit kamu!

Jangan lupa untuk memakai sunscreen 20 menit sebelum beraktifitas di luar ruangan. Sinar UV bisa merusak kulit dan menyebabkan penuaan serta kanker kulit.