apa perbedaan kolagen dan elastin ?

Kita sering mendengar dua kata ini jika membicarakan perawatan kulit: Kolagen dan elastin. Kita tau bahwa mereka mempunyai hubungan dengan penampilan kulit kita. Tetapi apa sebenarnya 2 hal tersebut, apa perbedaan diantara mereka?

Apa itu Kolagen?

kolagen dan elastin

Kolagen adalah kumpulan protein yang secara alami di temukan di dalam tubuh, atau lebih tepatnya di jaringan penghubung. Faktanya, kolagen adalah salah satu protein paling kaya yang dimiliki tubuh, sekitar 30 persen protein dari keseluruhan tubuh manusia.

Apa itu jaringan penghubung? Mereka menghubungkan antara organ dan daging serta anggota dalam tubuh lainya. Mereka juga dipanggil sebagai lem berbentuk sel karena mereka memberikan tubuh kita bentuk dan kekencangan. Tulang rawan, lemak, dan urat adalah contoh bentuk dari elastin atau jaringan penghubung. Kolagen juga ditemukan di dalam ligamen, pembuluh darah, tulang, kornea mata, dan tentu saja di dalam kulit.

Apa itu Elastin?

Elastin juga salah satu protein di dalam jaringan penghubung-tetapi mempunyai tipe yang berbeda dengan kolagen. Elastin mempunyai sifat elastis, dia bertanggungjawab untuk membuat daging dan organ di dalam tubuh agar menjadi lebih lentur. Untuk alasan tersbut maka elastin sering dijuluki sebagai karet gelang.

Elastin ditemukan didalam tembok arteri, paru – paru, usus, dan tentu juga di dalam kulit. Bayangkan jika pembuluh darah sedang mengembang ketika darah lewat dan kembali kebentuk semula ketika dalam keadaan kosong. Atau bagaimana kamu bisa mencubit kulit kamu namun tidak menjadi melar. Elastin adalah alasan dari hal – hal tersebut.

Kenapa dua protein ini sering di hubungkan satu sama lain?

Kita sering mendengar tentang dua protein ini karena mereka sering bekerja sama untuk memberi kulit bentuk dan kekencangan. Kolagen memberikan bentuk dan kolagen membuatnya elastis. Kamu bisa menganalogikan kolagen sebagai sebuah framework dimana memberi kulit kekuatan dan fondasi, sementara elastin membuat kulit kamu bisa melar dan kembali ke bentuknya semula.

Apa perbedaan diantara keduanya?

Fungsi utama kolagen adalah kekuatan, karena terbuat dari bahan yang sangat kuat dan memiliki sifat menarik yang luar biasa satu sama lainya dan menjadi fondasi bagi kulit. Elastin tidak terkandung sebanyak kolagen di dalam kulit, tetapi mempunyai peran kritikal untuk kulit berfungsi, dia memberikan kelembutan dan ke-elastisan pada kulit, membuat sebuah framework tiga dimensi diantara kolagen.

Kedua protein ini juga ditemukan di kedalaman berbeda pada kulit. Kolagen akan sangat banyak ditemukan di bagian bawah, sementara elastin di bagian tengah.

Bagaimana mereka mempengaruhi penampilan kulit?

Kedua protein ini mempunyai banyak hal dengan kerutan dan penuaan dini. Untuk kulit yang masih muda, masih banyak terdapat kedua protein ini, dan menjaga kulit menjadi halus dan elastis. Sementara kita semakin tua, tubuh akan semakin kurang memproduksi kedua protein tersebut, ditambah pengaruh sinar UV terhadap kulit serta faktor lainya yang akan mengacaukan kedua protein tersebut. Hasilnya adalah kulit akan semakin kendur dan mulai bermunculan kerutan serta luka akan lebih lama untuk sembuh.

Sementara produksi kolagen berkurang karena banyak faktor, kita juga semakin sedikit memproduksi elastin. Dan tentu kulit kamu tidak akan sekencang dan sehalus ketika masih muda.