Alkohol dalam Skincare

alkohol dalam

Dengan banyaknya informasi yang salah tentang alkohol dalam perawatan kulit, banyak orang yang percaya bahwa alkohol baik untuk kulit wajah. Tapi sebenarnya ada beberapa jenis alkohol yang harus kamu hindari  yang terkandung dalam skincare kamu.

 

Alkohol Baik dan Buruk Dalam Kosmetik

Ketika kamu melihat alkohol yang tercantum dalam skincare kamu, kamu mungkin tidak begitu peduli apakah itu aman untuk kulit kamu atau tidak. Alkohol bisa menyebabkan kekeringan pada permukaan kulit dan mengikis kulit kamu hingga menjadi tipis. Ada juga tipe lain dari alkohol yang dikenal sebagai alkohol yang berlemak yang tidak terlalu berbahaya untuk kulit. Contoh yang bisa kamu lihat pada kemasan ingredients yaitu cetyl, stearyl, dan cetearyl alcohol. Semua bahan ini bagus untuk jenis kulit kering karena memberi tekstur yang lembut.

Kamu juga mungkin pernah mendengar bahwa alkohol adalah ramuan yang bagus karena membantu kandungan lainnya bekerja lebih efektif pada kulit seperti retinol dan vitamin C. Meski itu bena, alkohol dapat menghancurkan permukaan kulit kamu dan bisa berakibat buruk pada jangka panjang.

 

Bagaimana Alkohol Merusak Kulit Kamu

             Jika kamu memiliki kulit berminyak, kamu mungkin akan tergoda menggunakan produk berbasis alkohol karena kandungan alkohol dapat memberi kamu hasil matte dan menghilangkan minyak dengan cepat. Tapi produk yang mengandung alkohol bisa merusak kulit kamu seperti proi-pori yang membesar dan memperparah breakouts. Alkohol sebenarnya bisa meningkatkan produksi minyak pada wajah kamu, membuat wajah kamu kelihatan lebih berminyak.

 

Kesimpulan

            Alkohol dapat merusak kulit kamu dan memperparah breakouts. Alkohol juga bisa membuat penuaan dini. Pilihlah produk skincare lain yang tidak mengandung alkohol yang bisa merusak kulit.