7 Kebiasaan Penyebab Kulit Kering

Penyebab Kulit keringPenyebab Kulit Kering

Bukankah kebanyakan saran untuk perawatan kulit diluar sana bekerja hanya untuk kulit normal saja? Maksudnya, orang - orang dengan kulit tersebut tidak mengalami masalah sebanyak orang dengan kulit kering. Bagi kamu yang juga mempunyai kulit kering, ada banyak perawatan ( beberapa secara tradisional ) untuk secara tepat meningkatakan peforma dan kesehatan kulit.

 

  1. Lupa memakai pelembab

Jika kamu mempunyai kulit normal atau berminyak, mungkin akan baik - baik saja jika tidak menggunakan pelembab. Tetapi tidak untuk mereka yang berkulit kering, kamu harus memakai pelembab.

Untuk memulai, kamu mungkin ingin mempertimbangkan menggunakan dua pelembab. Gunakan pelembab dengan kandungan yang kaya di malam hari setelah mencuci muka, dan gunakan yang lebih ringan dengan spf minimal 30 untuk pagi harinya sebelum memakai makeup. Pastikan untuk memakaikan juga pelembab di daerah leher dan lengan.

Kamu juga bisa meningkatkan kelembaban kulit dengan menggunakan minyak alami untuk pelembab dimalam hari. Minyak argan, minyak alpukat. Minyak - minyak tersebut sangat bermanfaat untuk kulit kering, serta bisa didapatkan secara online atau toko kesehatan ( hindari membeli minyak yang kandunganya di campur dengan bahan lain )  

  1. Terlalu banyak menggunakan eksfoilan

Kulit kering sering kali mengalami masalah pecah - pecah, dan biasanya orang menggunakan eksfoilan untuk mengobatinya. Ketika kamu memiliki kulit kering, ini adalah salah satu hal terburuk untuk dilakukan, apalagi ketika kamu menggunakanya setiap hari. Terlalu banyak eksfoilan akan membuat kulit teriritasi ( dan semakin membuat kering ). Batas penggunaanya untuk tiga kali seminggu saja, dan hindari produk dengan bulir atau scrub, gunakanlah scrub yang ringan ( seperti sabun ) dengan handuk hangat yang kering.

Kamu juga bisa mencoba penggunaan BHA dan AHA yang akan membantu pencabutan sel kulit mati tanpa menggunakan eksfoilan yang kasar. Hanya pastikan untuk penggunaanya agar tidak terlalu sering karena bisa mengeringkan habis kulit kamu.

  1. Mandi terlalu lama dengan air panas

Mandi lama dengan air panas mungkin akan sangat menyenangkan ketika cuaca dingin, tetapi benar - benar tidak akan ramah terhadap kulit kering kamu. Jika kamu mandi air panas setiap hari,sekarang saatnya untuk mengubah kebiasaan tersebut ( tapi tenang saja kamu tidak harus mandi air dingin ).

Cobalah kurangi waktu mandi kamu ( maksimal 10 menit ) atau kurangi temperatur airnya sampai agak hangat. Hindari mencuci wajah dengan air panasj juga ya ( gunakan air dengan suhu ruangan ). Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa atau vaseline sebelum mandi untuk menjaga agar kulit tidak terlalu kering sehabis mandi.

  1. Menggunakan produk yang mengandung alkohol tinggi

Kandungan alkohol dalam satu produk tidak selalu menjadi buruk, berbeda dari pandangan orang banyak. Gunakan secukupnya, alkohol bisa membantu kemanjuran dari efek produk tersebut. Bagaimanapun jika satu produk-seperti toner-mempunyai kandungan alkohol yang tinggi, itu akan membuat kulit kamu semakin kering. Kamu harus selalu mencari tahu apa saja yang terkandung sebelum membeli sebuah produk, dan melakukan tes uji coba jika memungkinkan. Agar kulit kamu yang kering tidak semakin kering.

  1. Menggunakan pembersih wajah dengan kandungan yang “keras”

Penting untuk di ketahui bahwa menggunakan pembersih wajah berkonsentrasi tinggi bisa merusak kulit kering kamu, sementara kamu harus bekerja keras untuk membersihkan makeup setiap malam tetapi jangan sampai karena memakai produk pembersih yang keras kamu akan membuat kulit kamu terasa ketat dan gatal setelahnya. Ada banyak pilihan pembersih yang lebih lembut terhadap kulit, dan beberapa mempunyai lebih banyak kelebihan lainya

  1. Jangan sembarang memakai masker perawatan

Memakai masker untuk perawatan bisa sangat menyenangkan, apa lagi untuk di upload ke post instagram kamu. Tapi jika kamu memiliki kulit kering, kamu harus lebih teliti memilih masker yang akan kamu gunakan, karena banyak masker yang bisa membuat kulit kamu lebih kering lagi.

  1. Menggunakan makeup “matte”

Bukan berarti kamu tidak boleh sama sekali menggunakan makeup matte, tentu saja pasti ada makeup matte yang bisa bekerja dengan kulit kering kamu. Tapi cobalah gunakan makeup cair atau berbentuk krim yang akan membuat efek “basah” ketika selesai menggunakan makeup. Makeup yang berbentuk bubuk akan membuat wajahmu makin kering.  

Ketika kulit kering kamu susah untuk menggunakan makeup, cobalah memulai rutinitas menggunakan pelembab ringan, BB krim atau foundation dengan kandungan air yang lumayan, creamy concealer dan lain lain.