6 Herbal yang Membantu Kamu Menghadapi PMS (Kembung, Lelah, Mood Sering Berubah)

menghadapi PMSGejala awal menghadapi PMS terjadi saat seminggu sampai dua minggu sebelum kamu haid. Tanda-tanda nya muncul seperti payudara mengencang, perut mudah kembung, mudah kelelahan dan merasa pusing. Banyak wanita yang mengeluh bahwa fluktuasi hormon PMS juga menyebabkan emosional yang berlebihan dan mudah tersinggung, perubahan mood dengan cepat, suka cemas, dan depresi. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa otak wanita bagian mengendalikan emosi, pada siklus PMS mengalami aktivitas yang jauh lebih besar dari keadaan normal. Bagian otak ini merespon terhadap serangkaian reaksi kompleks yang melibatkan neurotransmitter dan hormon yang mempengaruhi energi, perasaa, dan respon wanita terhadap sekitarnya.

Inilah Siklus Hormon Kamu Selama PMS:

  • 1.     Minggu 1-2 (setelah menstruasi). Dalam dua minggu pertama setelah menstruasi kamu memiliki kadar estrogen yang lebih tinggi.
  • 2.     Minggu 3-4 (setelah ovulasi). Dalam dua minggu kedua setelah siklus menstruasi kamu, saat ovulasi terjadi dan tubuh kamu melepaskan sel telur, tingkat progesterone kamu lebih tinggi.

Sayangnya, banyak wanita memiliki kadar estrogen yang tinggi selama siklus haid dan produksi progesteron yang tidak mencukupi – yang menyebabkan pengurangan progesteron pada paruh kedua siklus menstruasi mereka. Inilah yang menyebabkan gejala PMS pada wanita. Selain itu, kadar progesteron yang rendah dapat menyebabkan kadar endorphin menurun secara derastis. Endorfin adalah bahan kimia yang berkaitan dengan “menaikkan mood”, sehingga rendahnya Endorfin akan menyebabkan kamu gak mood.

 

Bagaimana Herbal Bisa Membantu Kamu

Meskipun kamu udah sering olahraga dan yoga yang bisa membantu kamu menyeimbangkan hormon, banyak wanita yang membutuhkan herbal untuk membantu saat PMS.  Cobalah beberapa tanaman yang akan membantu kamu mengatasi;

 

Rasa Cemas dan Mood yang Buruk

  • Lavender. Penelitian yang membandingkan penggunaan lavender secara intenal dengan obat benzodiazepin yang membantu menenangkan gelisah, ternyata memberikan manfaat yang sama tetapi memberikan efek samping seperti rasa lelah, mengantuk, gemetar, mulut kering, mual dan kecanduan. Lavender juga bisa membantu penyembuhan kulit dan memberikan tidur yang lebih baik. Untuk membuat teh lavender yang segar, tambahkan bunga lavender ke dalam teh kamu dan rendam selama 10 menit atau lebih di dalam air panas.
  • Minyak Esensial atau Minyak Atsiri Langon Kleri. Minyak esensial yang diekstraksi dari ramuan berbunga ini sering digunakan dalam aromaterapi untuk membantu menenangkan, rileks, dan menimbulkan rasa aman. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang menghirup uap minya esensial ini akan lebih tenang dan relaks.

 

Edema atau Pembengkakan

 

  • Chasteberry. Berry coklat kecil ini bisa menjadi teman baik kamu saat PMS. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi chasteberry selama 3 siklus menstruasi berturut-turut, 93% wanita mengalami penurunan gejala PMS seperti edema atau pembengkakan. Chasteberry juga membantu mengurangi gejala hormonal seperti depresi dan kecemasan. Secara tradisional ramuan ini digunakan selama hari ke 14-21 siklus menstruasi kamu, tapi banyak juga yang menggunakannya setiap bulan.
  • Akar dan Daun Dandelion. Tanaman yang umum ditemukan di halaman ini bisa membantu meredakan edema atau pembengkakan saat PMS. Dandelion memiliki manfaat tambahan untuk memasok tubuh dengan mineral seperti potassium. Dandelion juga dapat digunakan secara tradisional untuk merangsang dan mendetoksifikasi hati yang dapat membantu meningkatkan metabolism estrogen selama PMS. Tapi kamu harus hati-hati dengan akar dandelion karena mengandung polisakarida yang tinggi, yang bahaya untuk kamu yang sensitive terhadap FODMAPs (karbohidrat yang bisa menyebabkan masalah pencernaan).

Konsentrasi

  • Lemon Balm. Meski sering digunakan sebagai obat penenang ringan, menenangkan tidur, dan mengobati kecemasan, lemon balm memiliki fungsi lainnya. Lemon balm adalah pendorong memori yang hebat yang bisa meningkatkan daya ingat kamu dan meningkatkan konsentrasi. Lemon balm juga bisa meningkatkan mood kamu.