6 Perawatan Mudah untuk Kulit kering

kulit kering

Setiap orang yang mempunyai kulit kering pasti ingin perawatan mudah dan cepat. Memudahkan perawatan kulit kering bukan sekedar tentang produk apa yang telah di pakai, tetapi juga tergantung dari tingkat kebersihan kulit, kebersihan udara, dan bahkan kebersihan pakaian.

Berikut adalah enam tips mudah untuk perawatan kulit kering

 

  1. Gunakan air hangat dan hindari air panas.

Mandi air panas mungkin terdengar menyenangkan, tetapi tidak berdampak baik untuk kulit kering. Karena, air panas bisa menghilangkan minyak alami pada kulit yang di butuhkan untuk menjaga agar kulit tetap lembut dan lembab.

Mandi dengan air hangat saja, dan jangan terlalu lama. Direkomendasikan untuk mandi sekitar 5 sampai 10 menit saja, setelah itu segera keringkan dan gunakan produk pelembab.

 

  1. Bersihkan kulit.

Gunakan pembersih tanpa sabun ketika mandi, maksudnya adalah produk pembersih yang tidak mengandung parfum dan anti-bacterial additive.  Produk dengan kandungan tersebut mempunyai kemungkinan buruk terhadap kulit kering.

Coba cari cleanser yang mengandung ceramides, ceramides adalah molekul lemak yang membentuk pertahan paling luar dari kulit dan membuat kulit menjadi lembab. Beberapa produk skincare menggunakan versi synthetic ceramides untuk membantu usaha anti-aging.

Ketika menggunakan produk seperti toner, peels, atau apapun yang mengandung pelembab, tolong menggunakanya secara perlahan dan berhati - hati. Terutama untuk scrubbing jangan menggesek kulit terlalu kasar, karena akan mengakibatkan iritasi dan kapalan.

 

  1. Berhati - hati ketika mencukur.

 

Mencukur bisa mengakibatkan iritasi, karena ketika mencukur kamu juga merusak lapisan kulit yang mengandung minyak alami. Waktu paling baik untuk mencukur adalah sehabis mandi, karena rambut basah akan lebih mudah untuk dicukur, tentunya kamu juga harus memakai cream atau gel cukur. Cukur dengan cara searah ( jangan bolak - balik ) dan jika kamu ingin memakai pisau cukur sebelumnya, pastikan untuk direndam, digosok dengan alkohol.

 

  1. Lindungi kulit.

 

Kerusakan akibat terlalu lama terpapar sinar matahari adalah faktor utama terjadinya kulit kering, kerutan, dan kulit kasar. Kamu bisa mencegah hal tersebut dengan memakai tabir surya dengan SPF 30 setiap hari, dan tentunya kamu harus memakai pakaian yang ikut melindungi kulit.

 

  1. Melembabkan kulit.

Produk pelembab yang sederhana sudah cukup untuk melembabkan kulit. “Petroleum jelly adalah agen pelembab kulit yang hebat” atau juga kamu bisa menggunakan minyak alami, cream, atau lotion. Kalau kamu lebih suka pelembab dengan kandungan kaya, coba cari yang mengandung shea butter, ceramides, stearic acid, atau glycerin. Semua kandungan tersebut akan membantu kulit untuk mengembalikan kembali lapisan minyak alami, dan gunakan cleanser yang bebas parfum dan anti-bacterial additive. Keringkan kulit kira - kira selama 20 detik, lalu pakai pelembab dengan agak banyak agar kulit terjaga dari kekeringan. Sebelum keluar ruangan pastikan kamu menggunakan tabir surya dengan spf 30.

 

  1. Pelembab Ruangan.

Udara yang dingin dan kering juga menjadi salah satu penyebab utama kulit kering. Coba kamu gunakan produk untuk melembabkan ruangan sekitar 50%