5 Cara Perawatan Kulit Kombinasi

kulit kombinasi

Memiliki kulit kombinasi bisa dibilang paling sulit dibanding dengan jenis kulit yang lain seperti kering, normal atau sensitif. Ciri kulit kombinasi pada wajah seseorang adalah daerah T seperti dahi, hidung dan dagu berminyak sedangkan daerah pipi dan sekitar mata sedikit kering. Perawatan pun tidak boleh sembarangan agar kusam dan jerawat tidak mampir ke wajah anda.

Berikut ini, ada 5 cara perawatan kulit kombinasi yang perlu anda ketahui sebelum membeli produk kecantikan untuk kulit wajah.

  1. Pembersih

Langkah pertama anda harus memiliki pembersih yang bukan khusus jerawat. Sebaiknya bersihkan secara keseluruhan bukan hanya daerah yang berminyak saja.

  1. Masker

Memakai masker bermanfaat untuk mengangkat sel kotoran yang telah mati dari wajah. Anda bisa menggunakan bahan masker yang cocok untuk kulit kombinasi misal mentimun.

  1. Toner

Penggunaan toner akan memberikan efek segar yang baik untuk kulit wajah anda. Selain itu, penggunaan toner air mawar bisa mengurangi risiko kulit pecah atau berminyak yang cukup mengganggu penampilan anda sehari-hari.

  1. Pelembab

Jangan asal memilih pelembab jika tidak ingin wajah semakin terlihat berminyak. Anda bisa memilih jenis pelembab yang tidak memiliki bahan dasar minyak sebab pemilihan pelembab untuk perawatan kulit kombinasi memang lebih sulit.

  1. Facial

Salah satu perawatan kulit kombinasi yang penting dan memberikan manfaat adalah facial. Anda bisa pergi ke salon atau membeli bahan facial scrub sendiri. Setidaknya anda bisa melakukan facial di rumah tanpa perlu mengeluarkan banyak uang untuk perawatan ke salon. Hanya yang perlu anda lakukan adalah melakukan teknik scrubing yang benar yakni gerakan memutar ke atas. Pilih jenis krim malam yang mengandung vitamin A dan C serta mengandung banyak air. Jangan memilih krim yang memiliki bahan dasar minyak, ya.