3 Hal yang memperparah Jerawat

jerawatKamu pasti bekerja keras untuk menyingkirkan jerawat – makan makanan yang sehat, berhenti mengkonsumsi lemak jahat dan gula. Tetapi tetap, jerawat kamu masih saja muncul, mungkin kulit kamu teriritasi, dan kamu mulai frustasi.

Berikut adalah 3 langkah sederhana untuk membantu kamu mengurangi iritasi akibat jerawat.

1. Jangan pakai handuk yang sama untuk muka.

Kamu pasti menggunakan handuk untuk sehabis mandi, sehabis cuci muka, dan sehabis olahraga jika berkeringat,

Jadi dalam sehari kamu bisa sampai lebih dari lima kali menggunakan handuk untuk muka kamu

Dan handuk yang kamu gunakan, apakah selalu dicuci setelah kamu pakai, atau hanya di gantung saja dan dipakai untuk bermacam – macam kegunaan.

Handuk yang banyak dipakai akan mengandung banyak bakteri ( terutama ketika basah ). Ini adalah salah satu penyebab kulit mengalami jerawat loh. Lebih buruk lagi ketika handuk yang kamu gunakan di cuci menggunakan bahan kimia dan wewangian yang berbahaya untuk kepekaan kulit kamu, dan tentu mengakibatkan jerawat yang tidak diinginkan. Jadi daripada kamu menggunakan handuk, kenapa tidak kamu biarkan kulit muka untuk kering sendiri saja.

2. Jangan cuci muka dengan shower

Ada perbedaan besar antara kamu mencuci muka dengan air tenang pada wastafel dengan mencuci muka pada waktu kamu showering, karena air pada shower akan melukai kulit kamu pada tingkat mikroskopik. Ditambah lagi ketika kamu mandi air panas, maka akan menyebabkan kekeringan, jerawat, dan bisa mengikis lapisan alami minyak kulit. Memang mencuci muka sambil mandi sangat mudah untuk dilakukan dan tidak mengambil banyak waktu, tetapi jika kamu pikir lagi itu tidak akan sesuai dengan kerusakan jangka panjang yang akan di dapatkan.

Cara terbaik untuk mencuci muka adalah dengan air yang diusapkan untuk membilas secara perlahan kepada muka, kalau memungkinkan hindari semprotan shower ketika kamu mandi kearah muka.

Sebenarnya, air sangat bagus untuk muka ketika digunakan dengan takaran yang secukupnya, dan jika digunakan terlalu banyak, panas, atau disemprotkan dengan kencang; itu akan menyebabkan jerawat, kekeringan, merusak pembuluh kapiler, dan akan semakin sulit untuk di sembuhkan.

3. Produk perawatan rambut juga bisa menimbulkan jerawat

Kalau kamu sudah lama ingin menghilangkan jerawat, kamu pasti sudah mengetahui bahwa banyak bahan yang bisa menyumbat pori kamu. Yang mungkin kamu tidak sadari adalah setiap produk perawatan rambut pasti akan melewati wajah kamu ketika kamu membilasnya, dan dengan bahan – bahan yang tidak kamu ketahui.

Ketika kamu berkeringat, membilas shampo, atau ketika rambut kamu menyentuh wajah. Ada banyak kemungkinan terjadi kepada kulit wajah kamu, jadi disarankan untuk memakai produk perawatan rambut dengan label “acne-free”

Dua bahan utama yang harus dihindari adalah silikon dan minyak mineral. Bukan hanya menyumbat pori – pori dan mengiritasi, tetapi juga akan mengakibatkan penumpukan kotoran dan minyak pada bagian muka. Kamu mungkin telah menyadari bahwa bahan – bahan ini ada didalam produk perawatan rambut kamu, dan kamu harus mulai untuk menghindari bahan – bahan ini.