5 Tips dan Trik Perawatan Kulit Sensitif

Perawatan kulit sensitif

Perawatan kulit sensitif - Sebagian orang mungkin pernah mengalami kulit sensitif sejak lahir. Namun kenyataannya ada beberapa orang yang lain juga mengalami kulit sensitif akibat dari perbuatan mereka itu sendiri. Sekarang Anda tak perlu cemas lagi karena kulit sensitif pun bisa diatasi dengan melakukan perawatan khusus untuk kulit sensitif.

Pada umumnya, kulit sensitif ditandai dengan munculnya gejala-gejala seperti jerawat, ruam, alergi dan lain sebagainya. Ada baiknya bagi Anda yang mengalami gejala tersebut ada baiknya segera melakukan perawatan kulit sensitif dengan cara yang tepat. Nah, berikut adalah beberapa tips dan trik perawatan kulit sensitive yang bisa anda coba.

  1. Madu

Khasiat yang ada pada madu sangat baik dan banyak sekali. Sangat bermanfaat bagi perawatan kulit sensitif dikarenakan madu memiliki sifat anti-inflasi, penyembuhan, dan juga antiseptik alami. Anda bisa menggunakan madu untuk perawatan kulit sensitif dengan cara mengoleskannya di wajah dengan lembut.

  1. Air

Air adalah kebutuhan vital bagi setiap organ tubuh yang ada pada manusia. Anda tentu dianjurkan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah sekitar 9 gelas per harinya. Hal ini tentu sangat efektif dalam menghindarkan kulit dari dehidrasi. Selain itu, air juga dapat membuang racun secara alami di tubuh maupun kulit Anda sendiri.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat yang dapat melekat atau meresap ke dalam pori-pori kulit. Selain itu sebagai perawatan kulit sensitif, minyak kelapa juga dapat menyehatkan sekaligus melembabkan kulit sensitif Anda.  Anda bisa menggunakannya sebagai masker alami pada malam hari.

  1. Amla

Amla adalah sejenis buah yang memiliki kandungan vitamin C yang melimpah. Buah amla dapat digunakan sebagai perawatan kulit sensitif dengan cara mengkonsumsinya. Buah kaya vitamin C ini berkhasiat menyembuhkan kulit yang rusak, mencerahkan kulit serta menyehatkan kulit secara alami.

  1. Hindarkan dari alergen

Keberadaan kulit sensitif tentu sangat rentan dengan alergi. Dengan adanya alergi, tentu ada banyak masalah lain yang bermunculan. Oleh karena itu, Anda bisa melindunginya dengan menghindarkan diri dari alergen atau penyebab alergi yang bisa menyebabkan Anda mengalami alergi. Alergen ini biasanya berupa polusi bahan kimia, sinar matahari, produk kosmetik dan lain-lain.

Adapun cara lain mengatasi kulit sensitif yaitu dengan menggunakan atau memilih produk kosmetik dengan tepat. Pilihlah produk kosmetik yang cocok bagi kulit sensitif. Dengan begitu Anda tidak akan mengalami alergi-alergi lain akibat kulit yang sensitif.

 

Memiliki kulit yang sensitif bukan berarti masalah yang berat. Anda hanya perlu sedikit berhati-hati dan telaten dalam merawat kulit Anda. Lakukan dengan selalu memperhatikan kondisi kulit yang sensitif serta hindarkan diri dari penyebabnya yang dapat merusak kulit.