10 tips untuk diet tanpa gula untuk kulit.

diet tanpa gulaKamu kira diet tanpa gula tidak mempengaruhi kulit? Coba kamu pikir - pikir lagi ( apa lagi kalau kamu suka yang manis - manis )

Kalau kamu suka kue, pie, dan lain - lain yang serba manis tentu bukan pertanyaan lagi bahwa kamu akan menambah berat badan secara drastis, tetapi apakah kamu juga tau bahwa gula menjadi salah satu penyebab jerawat dan kerutan?

Peneliti di bidang perawatan kulit telah menemukan hubungan antara konsumsi gula dan proses penuaan kulit, semua itu karena sebuah proses dalam darah yang disebut glikasi.

Apa yang bisa kamu lakukan untuk setidaknya menghindari ini?

Apa itu glikasi?

Biasanya kalau kamu mengkonsumsi suatu makanan, tubuh akan mengubah karbohidrat menjadi gula seperti glukosa atau fruktosa. Dan itu menjadi sumber energi bagi aktifitas kamu sehari - hari, tetapi seiring kita bertambah umur, dan ketika kita memakan banyak makanan manis dengan kadar glisemik yang tinggi, gula tersebut akan beraksi dengan protein dan lemak secara abnormal, memproduksi molekul berbahaya “AGEs(advanced glycation process endproducts)” dan proses tersebut dinamakan glikasi.

The more AGEs we have in our bodies, the more we age. Scientists have discovered this through study of diabetics. The key here is blood sugar—the higher the level of glucose in the blood, the more AGEs. Diabetics have the most difficult time of anyone controlling their blood sugar. Scientists have found that as a result, they tend to age faster than those without high blood sugar. Semakin banyak AGEs didalam tubuh maka kamu akan semakin terlihat tua. Peneliti menemukan ini ketika mempelajari tentang diabetes. Kuncinya adalah kadar gula dalam darah, ketika semakin banyak kadar gula dalam darah maka akan semakin banyak AGEs. memang diabetes adalah penyakit umum yang bisa dimiliki siapapun, dan orang - orang dengan diabetes serta darah tinggi akan mengalami penuaan yang lebih cepat dibanding yang tidak.

Efek dari glikasi akan terlihat pada kulit.

Pada umur 35 dan keatas, proses glikasi akan bertambah intensitasnya. Dan lebih parahnya lagi, paparan sinar matahari yang mengandung sinar UV akan makin mempercepat dan memberbanyak proses glikasi, tentu juga itu berarti penuaan yang lebih cepat.

Efek - efek AGEs yang terlihat:

    • Kerutan
    • Garis penuaan

 

  • Hyperpigmentation

 

  • Kapalan
  • Kulit lusuh
  • Kulit belang
  • Kulit kendur dan kantong mata
  • Degradasi kolagen
  • Radang kulit
  • Tumor/Kanker kulit

Bagaimana mengurangi AGEs dan proses penuaan ?

Setelah mengetahui bahwa glukosa menyebabkan AGEs yang otomatis membuat penuaan lebih cepat. Apa yang bisa dilakukan?

Untungnya, ada banyak yang bisa kita lakukan ini adalah 10 tips untuk menjaga kulit seiring dengan bertambahnya umur.

  1. Kontrol terhadap gula darah: Kalau kamu diabetes, kamu pasti sudah tau bahwa ini adalah kunci bagi kesehatan dan kenyamana tubuh kamu. Tetapi kamu juga sekarang mengetahui bahwa ini termasuk tehnik untuk memperlambat penuaan. Dan walaupun kamu tidak mengalami diabetes, tetapi untuk menjaga gula darah adalah cara yang penting untuk membuat tubuh tetap sehat dan optimal. Makan makanan dengan gula yang rendah ya.
  2. Hindari makanan manis: Nanti ketika kamu mulai “ngidam” makan - makanan yang manis, seperti donat, atau lainya cobalah untuk benar - benar berkaca. Apakah kamu ingin menambahkan jerawat, atau kerutan? Nah mungkin kamu sudah mulai berubah pikiran untuk memakan buah - buahan atau yogurt tanpa gula.
  3. Pilih makanan rendah glisemik: Bukan hanya gula, tetapi makanan yang mengandung karbohidrat juga harus agak dihindari seperti, roti dan nasi putih akan cepat di ubah menjadi glukosa di dalam tubuh, dan menaikan kadar gula darah.
  4. Jauhi juga daging panggang: BBQ, sate, dan goreng daging bisa juga membuat AGEs di dalam tubuh-bahkan sebelum kamu memakanya.
  5. Tabir surya: Cobalah Zinc Oxyde untuk menjadi tabir surya alami kamu.
  6. Jaga berat badan: Berat badan yang optimal adalah yang terbaik.
  7. Melatih otot: rencanakan olahraga seminggu sekali ( minimal ) untuk membantu kamu membuang racun dan menjaga agar tubuh tetap bugar.
  8. Perhatikan konsumsi alkohol: Iya ini juga membuat kamu makin tua ( tetapi tidak fatal )