10 Tips Mengatasi Mata Bengkak

mata bengkakApakah Penyebab Bengkak?

     Punya mata bengkak seperti habis nangis memang kadang nyebelin. Mata bengkak sebenarnya adalah bentuk edema atau retensi air, yang muncul di bawah mata dan itu bisa disebabkan karena hal berbeda. Bangun dengan mata bengkak sangat umum terjadi karena posisi badan kamu yang horizontal selama beberapa jam, membuat air cenderung menetap disitu.

Kurang tidur adalah salah satu penyebab mata bengkak dan sembab. Banyak penyebab lain juga seperti alergi, sinusitis, debu, dan polusi, yang bisa menyebabkan peredangan dan retensi air disekitar mata. Penyebab lainnya adalah membaca dengan sinar yang kurang, menatap layar komputer sepanjang hari, dan berada di ruangan dengan cahaya lampu yang terlalu terang.

Fluktuasi hormone tubuh, gula darah, atau hemoglobin semuanya dapat dikaitkan dengan kebengkakan. Tubuh kita adalah seperangkat sistem yang bekerja sama dan diberi “makan” dengan cara yang sama, yaitu melalu aliran darah. Ketika menyangkut retensi air, itu adalah tugas ginjal, yang berfungsi untuk membersihkan racun dari darah kita dan membantu menjaga keseimbangan kita. Fluktuasi dalam kita mempengaruhi ginjal kita, yang bisa juga menjadi penyebab. Seiring bertambahnya usia, mata kita juga memiliki masa sulit menyesuaikan diri dengan kegiatan organ tubuh, yang berarti mata bengkak lebih sering muncul. Daerah sekitar mata mulai melemah dan kurus, mata bengkak menjadi lebih nampak.

Tips Menghilangkan/Mengurangi Mata Bengkak

  •      Minum banyak air putih

Sehabis bangun tidur, cobalah konsumsi air lemon. Ini akan membantu kamu terhidrasi sepanjang hari. Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama mata bengkak.

  •      Rose Water (Air Mawar)

Air mawar secara alami menenangkan. Untuk mata bengkak, rendam dua bola kapas di air mawar, lalu bungkus dalam bungkus plastic dan dinginkan selama 20 menit atau lebih. Kemudian keluarkan plastic dan letakkan bola kapas di atas mata kamu selama 5-10 menit.

  •      Irisan Ketimun

Ketimun memberikan kesejukan dan mengandung vitamin C yang membantu menenangkan kulit dan mengurangi munculnya bengkak. Cukup iris mentimun dan letakkan irisan diatas mata kamu selama 5-10 menit. Kamu juga bisa mencoba kantong the dingin, yang membantu kengencangkan kulit disekitar mata kamu. Irisan stroberi dingin juga bekerja, karena memiliki asam alfa-hidroksi alami yang membantu menghaluskan tampilan kulit kamu sekaligus mengurangi munculnya bengkak.

  •      Anti-Aging Eye Cream

Gunakan produk ini secara teratur dan lihat perubahannya. Kamu juga bisa menggunakan the hijau untuk antioksidan sekaligus mengencangkan. Gunakan disekitar mata kamu, pagi dan malam, untuk mengurangi tampilan lingkaran hitam dan bengkak.

  •      Hindari Pemanis Buatan

Pemanis buatan menyebabkan retensi cairan. Jika mata kamu bengkak secara berkala, cobalah mengurangi gula seperti soda dan pemanis lainnya.

  •      Pakai Kacamata

Tidak hanya melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV, kacamata bisa melindungi mata dari sinar matahari, angin, debu, dan kondisi lingkungan lainnya yang bisa menyebabkan mata bengkak.

  •      Periksa Tiroid Kamu

Beberapa orang dengan mata bengkak secara berkala mungkin memiliki tiroid yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Periksakan ke dokter kamu dan lakukan tes darah untuk mengetahui kesehatan kamu.

  •      Zat Besi yang Cukup

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan mata bengkak. Apakah kamu  memiliki zat besi yang cukup?

  •      Putih Telur

Kocok beberapa putih telur, tambahkan setetes atau dua witch hazel, oleskan di sekitar mata dengan sikat halus. Biarkan 5-10 menit. Kamu bisa merasakan sensasi yang mengencangkan, dan membuat mata kamu terlihat lebih baik.

  •      Hindari Snack/Makanan Ringan Asin

Sodium mendorong retensi air, jika kamu melihat mata kamu bengkak setelah makan snack, coba cek lagi.