10 Makanan untuk Melawan Kelelahan

melawan kelelahanBeberapa cara gaya hidup, kondisi medis, atau masalah psikologis bisa menyebabkan kelelahan. Contohnya mengkonsumi alkohol dan kafein berlebihan, aktivitas fisik yang berlebihan, kurang tidur, dan kebiasaan makan tidak sehat. Seseorang juga bisa merasa lelah karena masalah kesehatan mental seperti kegelisahan, depresi, kesedihan, dan stress. Bahkan kondisi mendis tertentu juga bisa membuat seseorang kelelahan, seperti penyakit ginjal, kanker, penyakit jantung, kelainan tiroid, obesitas, dan diabetes. Beberapa gejala kelelahan yaitu sakit otot, kurang motivasi, sulit berkonsentrasi, mudah tersinggung, kehilangan nafsu makan, murung, kekurangan energi, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa makanan yang bagus untuk melawan kelelahan;

  1.     Pisang

Pisang mengandung potassium yang dibutuhkan tubuh untuk mengubah gula menjadi energi. Selain itu, pisang kaya akan nutrisi penting seperti vitamin B, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, serat dan karbohidrat, yang membantu mengalahkan kelelahan, dehidrasi, dan gejala kelelahan lainnya. Makan 1-2 pisang setiap hari bisa membuat kamu tetap terhidrasi dan penuh energi.

  1.     Green Tea

Secangkir the hijau juga bisa melawan kelelahan, terutama stress. Teh hijau mengandung polifenol yang membantu mengurangi stress, meningkatkan energi, dan meningkatkan fokus mental. Green tea memiliki komponen yang terbukti dapat meningkatkan metabolisme kamu dan mencegah kelelahan. Konsumsi teh hijau 2 atau 3 kali sehari, dan tambahkan madu untuk rasa yang lebih segar.

  1.     Biji Labu

Biji labu merupakan snack ideal untuk mengatasi kelelahan. Biji labu sarat akan protein tinggi dengan asam lemak omega-3 dan mengandung vitamin B1, B2, B5, dan B6, serta mineral seperti mangan, magnesium, fosfor, besi, dan tembaga. Semua nutrisi ini bekerja untuk meningkatkan system kekebalan tubuh dan memberi energi pada tubuh kamu.

  1.     Oatmeal

Makanan yang sempurna untuk mengatasi kelelahan adalah oatmeal. Oatmeal mengandung karbohidrat berkualitas yang tersimpan dalam tubuh sebagai glikogen yang berfungsi sebagai bahan bakar untuk otak dan otot kamu. Semangkuk oatmeal bagus untuk sarapan, dan kamu bisa tambahkan buah segar dan kacang,

  1.     Yogurt

Tinggi nya jumlah protein, karbohidrat, dan probiotik dalam yogurt bisa menjadi penolong saat kamu mengalami gejala kelelahan. Yogurt lebih cepat diproses oleh tubuh daripada makanan padat lainnya, karena itu yogurt bekerja sebagai sumber energi cepat kapanpun kamu butuhkan. Yogurt juga membantu pencernaan kamu. Mengkonsumsi yogurt 1 cangkir sehari bagus untuk tubuh kamu.

  1.     Semangka

Jika kamu merasa kelehana karena suhu yang panas atau dehidrasi setelah berolahraga, kamu bisa mengembalikan energi kamu dengan seiris buah semangka. Semangka kaya akan air dan elektrolit yang menjaga dehidrasi yang membantu kamu tetap aktif dan terbebas dari gejala kelelahan. Kamu bisa mencampur semangka dengan madu dan jus lemon untuk rasa yang lebih segar.

  1.     Kacang Kenari

Makanan penghilang kelelahan lainnya adalah kenari. Kenari kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat dengan mudah melawan gejala kelelahan. Kenari juga bisa membantu meringankan gejala depresi ringan. Dengan kandungan protein dan serat yang bisa membantu kamu meningkatkan energi setelah berolahraga. Kacang ini juga mengandung mangan, magnesium, fosfor, besi, tembaga dan vitamin. Kamu bisa mengkonsumsi kenari dengan memasukkan ¼ cangkir kenari yang dikupas ke dalam makanan kamu sehari-hari. Kamu bisa makan kenari panggang sebagai snack yang sehat di pagi hari atau sore hari.

  1.     Kacang Polong

Kacang disebut makanan ajaib karena memiliki banyak manfaat. Kacang mengandung serat yang tinggi, protein yang bagus, beragam mineral termasuk kalium, magnesium, fosfor, tembaga, dan besi. Karena kacang polong mengandung kacang yang memiliki indeks glisemik rendah, kamu bisa mengonsumsinya tanpa mengkhawatirkan lonjakan gula darah kamu.

  1.     Paprika Merah

Paprika merah adalah salah satu sumber terbaik vitamin C. Antioksidan ini tidak hanya memberi dorongan pada system kekebalan tubuh kamu, tapi juga membantu mengurangi hormone stress. Vitamin C sangat penting untuk sistem adrenal yang sehat, yang membantu mencegah kelelahan dari stress fisik dan emosional. Kekurangan vitamin C bisa membuat orang merasa lelah. Paprika merah juga kaya vitamin A, B6, dan C, asam folat dan serat. Hanyak 1 cangkir paprika merah setiap hari akan cukup untuk menjaga energi kamu dan motabolisme kamu tetap tinggi. Kamu bisa memasukkan paprika kedalam makanan kamu dalam bentuk mentah atau dipanggang.

  1. Bayam

Bayam adalah makanan yang bagus untuk mencegah kelelahan yang bisa kamu temukan dengan mudah di pasar. Bayam adalah makanan paling padat yang mengalirkan darah keseluruh tubuh. Bayam juga mengandung magnesium, potassium, dan Vitamin C dan B yang membantu kamu saat kelelahan. Kamu bisa menambahkan bayam ke sandwich, sup, atau cemilan sehat lainnya. Segelas jus bayam juga adalah pilihan yang bagus untuk mengatasi kelelahan.